Perawatan kulit, penyakit, dan obat kulit

Interesting Sites

    Insider

    Archives

    Penyebab Bisul dan Cara Mengatasinya

    Pernahkah Anda mendengar “Jangan duduk di atas bantal agar tidak bisulan!” Ucapan itu kerap kali diucapkan orang tua kepada anaknya waktu kecil. Sebenarnya apa penyebab bisulan? Apakah benar hanya dengan duduk di atas bantal bisa menyebabkan bisulan?

    Bisul merupakan peradangan ringan yang dialami oleh kulit. Tanda-tanda utama yang bisa Anda lihat adalah timbulnya benjolan merah, yang semakin membesar. Di dalam benjolan tersebut biasanya terdapat nanah. Nyeri yang ditimbulkan bisulan ini juga pasti menganggu.

    Penyebab bisul bisa sangat bervariasi. Penyebab utamanya adalah bakteri. Apabila kulit Anda tergolong sensitif, Anda harus berhati-hati apabila di kulit Anda terdapat luka. Luka yang terbuka dan tidak dirawat dengan baik akan mengundang bakteri dan bisa menimbulkan bisulan.

    Penyebab bisul lainnya adalah karena darah kotor. Hal ini berkaitan erat dengan asupan makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Apabila makanan tertentu masuk ke dalam tubuh Anda dan makanan tersebut tidak cocok dengan golongan darah Anda, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami bisulan. Bisulan bisa muncul di bagian tubuh Anda, khususnya pada lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, pangkal paha, dan juga pantat. Namun, hati-hati, bisul terlalu gampang untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya, apalagi apabila Anda menggaruknya.

    Apabila Anda terlanjur mengalaminya, Anda harus segera mengatasi bisul sebelum bisulan menjadi semakin parah. Obat bisul biasanya hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Dokter akan memberikan Anda obat minum antibiotik dan juga salep untuk mencegah peradangan.

    Untuk mengatasi bisul, cobalah kompres bisul dengan air hangat dan tahan untuk tidak memencetnya! Lalu oleskan salep antibiotik. Obat bisul lainnya untuk mengatasi bisul adalah dengan merendam bagian tubuh Anda yang terkena bisul dengan air garam, atau pergilah ke pantai untuk lebih praktis! Antibiotik pada air garam akan membantu mengatasi bisul secara tidak langsung.

    Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit Anda. Kulit yang bersih, bisulan jauh!

    Reader Feedback

    One Response to “Penyebab Bisul dan Cara Mengatasinya”

    • izal says:

      aku mau tanya,aku sudah berapa kali mengangalami bisul pada bagian pantat,lalu aku pencet dan sembuh akan tetapi bisul aku itu tumbuh kembali bahkan amat sangat menggagu aktivitas aku dalam bekerja,bagaimana caranya supaya bisul aku tidak akan tumbuh kembali padahal aku sudah membeli salep hitam tapi tetap saja bisul aku ini tidak kunjung sembuh,mohon saranya supaya aku g bisulan lagi!!!!!!!trims

    Leave a Reply